Indonesian English French German Greek Hebrew Italian Korean Spanish

Apakah Anda Merasa Tertipu Dengan Hal-hal Rohani?

PDF

Saya tidak pernah berhitungan dengan semua pekerjaan Tuhan.  Saya selalu tegas untuk setiap proyek kerjasama dengan sekuler, tetapi saya selalu mengalah untuk setiap pekerjaan Tuhan.  Mengapakah di saat saya telah memberikan harga yang paling murah dan menyatakan semua kemudahan, justru saya tidak di bayar. Mereka semua selalu berkata, “kami belum dapat transferan uang dari mereka!” Saya benar-benar dikecewakan.

Apakah tanggapan anda ketika diperhadapkan dengan orang-orang yang tulus ini, mereka telah menelan pil kekecewaan dari banyak rekan sejawat anda - orang-orang rohani yang seharusnya menjadi teladan?

Dalam dimensi yang berbeda pengalaman yang pahit getir ini dirasakan oleh banyak orang percaya. Saya bersyukur kepada Tuhan telah bertemu, berinteraksi dan diberikan kesempatan untuk memulihkan hati mereka. Anda ingin mencapai perjumpaan dengan mereka? Saya berdoa semoga Tuhan Yesus memakai semua hamba-hamba Tuhan yang tulus untuk mengembalikan integritas pelayanan kembali pada tempat-Nya yang berharga. Kehidupan pelayanan dan tingkah laku yang menjadi berkat bagi banyak orang.

Marilah kita mengamati lebih dekat, beberapa bagian kecil yang dapat saya tuliskan buat pembaca sekalian. Saya percaya anda memiliki jawaban yang lebih baik dari apa yang telah saya alami ini. Sementara saya menuliskan pengalaman-pengalaman Roh Kudus ini, saya berdoa anda menyediakan tanah hati yang baru untuk memberikan kesempatan kepada Tuhan untuk mengkoreksi hidup anda.

I.              RESTORASI PERGAULAN YANG BAIK

Saya telah bertanya kepada pria ini, “Apakah anda memiliki rekan-rekan hamba Allah yang hidupnya memberkati anda sekeluarga?.” Pria ini menatap kepada saya. Dia berkata, “Mereka mana mau bergaul dengan saya pak. Mereka telah menolak saya sejak melihat penampilan saya.”

Saya memandang wajahnya lebih dekat lagi. “Oh Tuhan, sesungguhnya apakah yang terjadi? Di tanah milik Kristus yang indah ini, ada orang-orang yang masih tenggelam dalam lumpur kekecewaan karena perlakuan orang-orang rohani.” Sekarang saya dapat mengerti sejak semula mengapa Roh Kudus telah menegaskan kepada saya untuk KKR yang akan datang ini, tidak boleh ada orang kuat dibaliknya.

Demi memulihkan hidup seorang pria Allah yang akan berperan penting bagi kegerakan dan lawatan Tuhan, Roh Kudus dapat memberlakukan cara yang baru. Setiap orang yang bergaul dengan Tuhan pasti akan dapat menangkap dan memahami kehendak Bapa dibalik semua perkara yang begitu tegas ini.

Saya teringat kepada pernyataan pria ini, “Saya tidak dapat menentukan angkanya Pastor. Terserah Pastor Djohan aja. Kalau Pastor Djohan tidak punya uang ngak apa, kita jalan aja.” Saya terpana menemukan seorang pria dengan fisik yang berbeda banyak dengan orang-orang yang sopan/mengejar kehormatan pada umumnya tetapi pria ini telah memberikan gambaran kepada saya dan istri saat itu bahwa orang ini bukanlah orang sembarangan. Dia memiliki hati dan dedikasi untuk meresponi panggilan Tuhan.

Saya sungguh terkejut ketika Roh Kudus menyatakan kepada saya lewat email itu,“Saya tidak akan membuat anda dan rekan anda rugi. Saya senang anda bisa memberkati tetapi Tuhan berkata “angka” sekian harus saya pikul guna memberkati pekerjaan anda.” Luar biasa sekali, Tuhan memerintahkan saya untuk membayar lima puluh persen (50%) di muka sebelum acara KKR berlangsung nanti.

Sekarang kita tahu dengan pasti bahwa Tuhan hendak memakai KKR Berlari Mendahului Hujan ini untuk menyatakan “kemurnian dan pemulihan” bagi banyak kota, pulau dan bangsa. Saya telah memiliki banyak persaudaraan dalam Tuhan. Mereka sebagian besar adalah orang-orang yang dipulihkan dari semua perlakuan masa lalu orang-orang rohani.

Tuhan hendak mengembalikan pergaulan yang baik dan bertanggungjawab dikalangan anak-anak-Nya sehingga masa pemulihan itu telah datang. “Kalau engkau bersih dan jujur, maka tentu Ia akan bangkit demi engkau dan Ia akan memulihkan rumah yang adalah hakmu.” (Ayub 8:6) 

II.            PENGALAMAN PAHIT UNTUK PEMBENTUKAN  

               KARAKTER

Beranikah anda keluar dari lingkaran hati yang penuh kekecewaan itu? Tuhan tahu yang terbaik bagi hidup kita. Sekalipun nampak pahit bagi kita yang mengalaminya tetapi suatu hari akan datang masa pemulihan. Ketika kita menyadari semua pengalaman pahit itu kita akan disadarkan pada kebenaran-Nya bahwa lewat perkara-perkara pahitlah seringkali manusia roh kita terbentuk dewasa.

Renungkan apa yang dipesankan oleh pengkhotbah berhikmat, “Orang yang kenyang menginjak-injak madu, tetapi bagi orang yang lapar segala yang pahit dirasakan manis.” (Amsal 27:7). Seringkali perkara-perkara yang nampak tidak menyenangkan bagi kita, Allah pakai untuk membuat kita dapat mensyukuri segala hal yang akan dilimpahkan di hidup kita. Keadaan yang pahit itu menjadi dasar untuk kita tetap hidup rendah hati. Kita dapat menjaga kepercayaan Tuhan dengan jalan memberkati orang lain. Kita dapat memberikan kelegaan bagi orang lain supaya apa yang pernah kita alami tidak kita perbuat kepada orang lain.

Lebih jauh lagi anda akan menemukan bahaya “kesombongan” bila Allah tidak membentuk manusia roh kita. Menginjak-injak madu merupakan gambaran orang yang akan kehilangan kemanisan hidup karena hati yang sombong. Mereka tidak menghargai “berkat dan kepercayaan Allah” sehingga akhir hidup mereka adalah maut ( rumah kematian, penjara dan rumah kesakitan ).

Pernahkah anda menyadari penilaian Yesus atas apa yang anda alami? Apakah Tuhan tidak tahu sehingga mengijinkan anda berkali-kali mengalami kekecewaan dari orang-orang rohani? Lihatlah jawaban-Nya, “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Matius 5:10) Tuhan telah memberikan sebuah kasih karunia yang dikejar oleh banyak orang kepada anda yaitu “bahagia”. Tidak perlu saya menjabarkannya lebih detail karena suatu hari anda akan mensyukuri semua perkara buruk itu ketika anda diberikan Tuhan kesempatan bercermin dari orang-orang yang ada disekitar hidup anda. Haleluyah

III.           MASA PEMULIHAN TUHAN

Bila hal-hal yang buruk dan pahit itu telah terjadi, berusahalah untuk tidak menyesalinya. Nasi tidak akan pernah menjadi bubur di tangan orang-orang yang berpengalaman. Hanya di tangan orang-orang yang masih hijau saja penyesalan kerapkali terjadi. Sadarilah Tuhan hendak mengajarkan kepada anda suatu pengalaman hidup yang berharga. Selalu ada proses pembentukan manusia roh supaya kita menjadi serupa dan segambar dengan Kristus.

Kita tahu bahwa segala sesuatu ada waktu-Nya. Bila anda mau belajar maka semua akan jadi berkat bagi pembelajaran orang lain. Bila anda mencoba lari dari semua proses dan mengenggam “kekecewaan” maka anda tidak akan pernah menemukan akhir dari sebuah proses yang Allah inginkan dari hidup anda. Sabarlah. Kuatlah dan Percayalah! Tuhan tahu semua itu. Tuhan memegang masa depan hidupmu.

Maka anda akan berbalik suatu hari untuk mengenangnya seperti orang-orang hidup yang mendatangi kuburan untuk menyatakan rasa syukur. Mereka berziarah untuk menyatakan syukur atas semua kebaikan dari para pendahulu. Hanya syukur kepada Tuhan sambil mengenang semua kenangan baik yang membuat kita mencapai kesadaran untuk hidup lebih baik lagi jauh ke depan. Kehidupan yang lebih baik melebihi nenek moyang kita dan warisan yang lebih sempurna bagi anak cucu kita. Tepat seperti yang ada tertulis, “Nyanyian ziarah. Ketika TUHAN memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi.” ( Mazmur 126:1)

Bila anda  membaca tulisan ini, saya berdoa anda tidak akan terjebak pada perbuatan yang sia-sia dengan cara melukai dan mengecewakan hati saudara-saudara seimanmu. Saya percaya anda akan lebih dikuatkan untuk memberikan dirimu sendiri suatu kesempatan bahwa Tuhan akan mempertemukan anda dengan orang-orang yang murni dan akan memulihkan hatimu. Haleluyah.

SHEEP GATE
FAMILY

Copyright © 2011, SHEEP GATE MINISTRY